Laman

Senin, 11 April 2016

Cemerlang Bersama lahir di Way Bungur


FORUM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
“CEMERLANG BERSAMA”
LATAR BELAKANG
Disetiap wilayah perdesaan sebetulnya memiliki orang-orang  yang memiliki kepekaan sosial tinggi. Orang-orang yang mau meluangkan waktu dan beraktifitas secara sukarela. Bukan keuntungan materi yang mereka tuju, tetapi kepuasan batinlah yang akan mereka dapatkan ketika melakukan sebuah aktifitas sosial.
Orang orang ini  juga memiliki kepedulian untuk membantu terjadinya perubahan sosial, pemberdayaan, aktifitas sosial kemasyarakatan, tumbuhnya bibit prestasi dan munculnya peluang-peluang ekonomi bagi masyarakat luas.
Namun faktanya bahwa para penggerak kegiatan sosial ini terserak-serak. Dalam arti, mereka beraktifitas sendiri-sendiri. Baik secara kewilayahan (misal dalam sebuah wilayah desa, Kecamatan atau satuan wilayah lainnya), dan atau bergerak sesuai dengan kesamaan minat, kesukaan, dan profesi tertentu saja. Sehingga dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan biasanya bersifat lokal. Padahal Sebuah perubahan ditingkat lokal seogyanya  bisa menginsnspirasi terjadinya perubahan yang sama di wilayah lainnya, sehingga bisa membuat sebuah perubahan sosial yang berskala luas.
Dibutuhkan sebuah wadah bersama yang bisa menghimpun beragam aktifitas dengan melebarkan ruang partisipasi.Dibutuhkan sebuah ruang agar Satu sama lain saling bisa mendiskusikan , membuat rencana bersama dengan mengelaborasi gagasan, menjalankan satu atau lebih konsep sehingga mampu melahirkan dampak sosial yang lebih luas, massif dan memiliki kekokohan.
Forum Pemberdayaan Masyarakat “Cemerlang Bersama” dibentuk sebagai kesamaan tujuan  dari para penggerak dan pemberdaya local akan adanya potensi lokal pada berbagai bidang yang belum terkelola secara optimal. Potensi local ini jika bisa ditumbuhkembangkan dan dikelola secara partisipatif mampu  meningkatkan  dayaguna untuk kesejahteraan masyarakat.
Forum Pemberdaya masyarakat tidak dibentuk hanya sebagai wahana perdebatan pendapat dan konsep, tetapi lebih bertujuan untuk menajamkan visi masing-masing penggerak local diberbagai bidang, dengan tata cara yang partisipatif hingga menghasilkan dampak yang prospektif.


TUJUAN
1. Menjadi wahana silaturahmi antar penggerak dan pembendaya local
2. Menjadikan ide, gagasan dan konsep diberbagai bidang sebagai bahan dasar untuk membuat aktifitas sosial yang mengandung manfaat bagi masyarakat luas
3. Menjalin hubungan kerjasama positip dengan berbagai pihak
4. Menjadikan Aktifitas Sosial sebagai bahan referensi dan rekomendasi bagi kemajuan daerah


IMPLEMENTASI
Tata cara dan arah gerakan sosial forum ini dilakukan dengan berbagai cara:
1. Edukasi : melalui Seminar, Workshop, Lokakarya, Studi banding, Pelatihan dll
2. Aksi Pemberdayaan : Fasilitasi, Inkubasi, Mediasi, dan Advokasi
3. Aksi Sosial Kemanusaian : Penggalangan Donasi, Aksi Peduli dll
4. Menjalin Kemitraan : Kerjasama Bisnis, S
5. Event Organizer: Penyelenggaraan Kompetisi, Festival dll


BIDANG BIDANG:
Untuk mewujudkan tujuan forum, perlu dibentuk bidang-bidang diantaranya:
1. Ekonomi Kreatif
2. Pemuda dan Olahraga
3. Seni, Budaya dan Tradisi
4. Sosial Kemanusiaan
5. Peningkatan Kualitas SDM
6. Humas , Publikasi & Kerjasama Kemitraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar